Perjalanan Karir dan Kontroversi Michael Jackson

Kabar meninggalnya Michael Jackson mengejutkan jutaan penggemarnya. Maklum, penyanyi yang dijuluki King of Pop itu meninggal mendadak pada Kamis (25 Juni 2009) akibat serangan jantung. Sekedar flasback, berikut catatan perjalanan karir dan kontroversi Michael Jackson.

29 Agustus 1958
Michael Jackson lahir di Gary, Indiana. Dia anak ketujuh dari Joseph dan Katherine Jackson.

1963
Di usia 5 tahun, Michael muda menunjukkan bakat sebagai penyanyi habat. Dia dan keempat saudaranya mulai tampil bersama dalam grup Jackson 5 dan sang ayah sebagai manajer.

1968
Motown Records memboyong Jackson 5 dan keluarganya ke Los Angeles, California. Single pertama mereka "I Want You Back" dirilis pada November 1969.

1970
Jackson 5 kemudian menelurkan album hit termasuk "ABC", "The Love You Save" dan "I'll Be There". Michael yang saat itu berusia 11 tahun dan sebagai vokal grup mulai muncul sebagai superstar.

1975
Jackson 5 meninggalkan Motown dan beralih ke Epic Records dan mengubah nama grup mereka menjadi Jacksons dan tetap melejit dengan lagu-lagu mereka termasuk "Enjoy Yourself" dan "Shake Your Body (Down to the Ground)."

1979
Michael Jackson merilis album solo "Off the Wall." Diproduksi Quincy Jones, album itu terjual lebih 7 juta kopi. Termasuk lagu andalan adalah "Don't Stop Til You Get Enough" dan "Rock With You".

1982
Jackson menjadi superstar dengan merilis album solo kedua "Thriller". Dengan lagu andalan dan video klip dalam lagu "Billie Jean" dan "Beat It", menjadi album paling laris sepanjang masa.

1984
"Thriller" meraih nominasi delapan Grammy Awards dan semua delapan nominasi itu akhirnya dimenangkan.

Februari 1993
Jackson tampil dalam Oprah Winfrey Show dan menjelaskan mengapa dia mengubah kulitnya menjadi putih. Dia juga menceritakan betapa ayahnya sering memukulinya saat masih ekcil dan dia menjadi takut terhadap sang ayah.

Agustus 1993
Seorang bocah laki-laki berusia 13 tahun yang dikenal sebagai teman Jackson menuduhnya melakukan pelecehan seksual berkali-kali selama lima bulan di ranch Jackson di Encino, California. Jackson kemudian digugat di pengadilan.

12 November 1993
Jackson membatalkan konsernya. Disebutkan dia kecanduan obat pembunuh rasa sakit. Dia mengatakan menjadi pecandu obat pembunuh rasa sakit setelah menjalani rehabilitasi pascaoperasi, sebuah prosedur yang dia butuhkan setelah rambutnya terbakar ketika syuting iklan pada 1984.

25 Januari 1994
Jackson membayar sejumlah uang damai untuk menghentikan gugatan. Keluarga bocah itu awalnya meminta 20 juta dollar AS. Dan Jackson memberi antara 10 juta hingga 20 juta dollar.

18 Mei 1994
Jackson menikahi Lisa Marie Presley, putri Elvis Presley.

18 Januari 1996
Jackson dan Presley bercerai setelah dua tahun menikah.

15 November 1996
Jackson menikahi Debbie Rowe, seorang perawat yang dilaporkan mengandung anak Jackson dalam proses inseminasi. Putra Jackson, Prince Michael Jackson Jr lahir pada 12 Februari 1997. Pasangan ini juga memiliki anak perempuan, Paris Michael Katherine pada 3 April 1998.

8 Okotober 1999
Jackson dan Rowe bercerai dan Jackson mendapat penguasaan penuh mengasuh anak-anak.

November 2002
Jackson dihujat karena mengayunkan anaknya di pinggir balkon lantai kempat rumahnya untuk mempertontonkan anaknya kepada fans.

18 November 2003
Puluhan polisi menggeledah rumah Jackson. Ia kembali dituduh melakukan pelecehan seksual terhadap anak-anak.

13 Juni 2005
Juri menyatakan Jackson tidak bersalah.

5 Maret 2009
Jackson mengumumkan akan tampil sekitar 10 menit pada Juli di London's 02 Arena. Dia mengatakan itu adalah konser terakhirnya.

10 Mei 2009
AEG live mengumumkan sejumlah konser di London itu ditunda.

25 Juni 2009
Los Angeles Coroner'Office membenarkan Jackson meninggal dunia karena serangan jantung tiba-tiba. Brian Oxman, pengacara keluarga Jackson mengatakan Jackson ambruk di rumahnya di Los Angeles, California.

(sumber: kompas.com)

0 komentar:

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails